08 Desember 2021
Headline News

TANGSEL RAIH PENGHARGAAN INSTANSI DARI KASN

Pemerintah Kota Tangerang Selatan meraih penghargaan sebagai "Instansi Yang Telah Menerapkan Sistem Merit" Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil KASN Bapak Tasdik Kinanto kepada Walikota Tangerang Selatan Ibu Airin, bertempat di Balaikota Pemerintahan Kota Tangerang selatan, Kamis(17/12/2020).

Seperti diketahui, Sistem Merit adalah kebijakan dan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disusun berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi.

Dalam proses implementasi sistem merit ada enam poin penting yang perlu dilakukan oleh BKPP Tangsel selaku ujung tombak penerapannya. Pertama, pengorganisasian perencanaan ASN harus didasarkan pada fungsi organisasi melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja. Kedua, perekrutan calon pegawai/pimpinan berorientasi pada talenta terbaik. Ketiga, pengembangan kapasitas pegawai dalam mengurangi kesenjangan kompetensi, keempat, penilaian kinerja yang berkelanjutan, kelima, promosi dan rotasi pegawai, dilakukan melalui rekrutmen terbuka yang merupakan salah satu cara dalam usaha menciptakan PNS yang sesuai kapabilitas, integritas, dan berdisiplin. Hal ini dapat dilakukan seleksi awal pada tim asesmen atau pusat asesmen yang distandardisasi oleh BKN. Keenam, menurut Airin, sesuai poin arahan Komisi Aparatur Sipil Negara yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam sistem merit adalah mengapresiasi secara layak terhadap pegawai.

Pada kesempatan ini juga Ibu Walikota berpesan kepada segenap aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk bekerja dengan ikhlas dan berintegritas sehingga sistem merit yang telah dibangun bersama menjadi sebuah keniscayaan untuk manajemen tata kelola pemerintah yang baik atau good governance. Tak lupa juga beliau mengucapkan terima kasih kepada KASN, Kemenpan-RB, BKN dan ASN Kota Tangerang Selatan yang telah bersama-sama membantu agar penerapan sistem merit ini sesuai dengan harapan pemerintah.